Selasa, 02 Juni 2009

PLTS

Penerangan Muntok Gunakan PLTS
MUNTOK – Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Informatika (Dishubparinform) Kabupaten Bangka Barat, Drs Chairul Amri Rani mengatakan bahwa Pemkab Bangka Barat akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk penerangan rumah warga dan jalan. Dalam hal ini sudah ada investor dari Cina yang tertarik untuk menanamkan modalnya di Babar dan pada bulan Juni ini akan survey ke Muntok.
Selain pengembangan PLTS, investor dari Cina juga akan mengembangkan pembangkit listrik tenaga angin yang mana pada tahun 2010 diusulkan pemasangan beberapa ribu titik rumah warga diutamakan di desa-desa. Sedangkan untuk penerangan jalan diusulkan 100 titik yang mana terletak di Kecamatan Muntok sampai ke Kecamatan Kelapa dan hal ini sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat melalui APBN.
“Untuk penerangan ini kita sudah mendapatkan investor dari Cina untuk mengembangkannya yakni 2 alternatif PLTS dan tenaga angin. Untuk penerangan jalan kita sudah mengusulkan 100 titik yang akan ditempatkan di sepanjangan jalan nasional dari Kecamatan Kelapa hingga Muntok terutama daerah yang rawan baik itu di tikungan maupun di hutan hal ini untuk mencegah tindakan kriminal dan kecelakaan,”ucapnya.
Dijelaskan Amri bawa sebenarnya masyarakat selama ini sudah dibebankan untuk membayar pajak penerangan jalan bagi pengguna PLN. Namun penerangan jalan itu sendiri tidak dirasakan oleh masyarakat dikarenakan keterbatasan tenaga listrik yang dimiliki oleh PLN untuk itu dengan adanya PLTS ini dirinya berharap agar penerangan paling tidak di jalan raya dapat terang dimalam hari,”mungkin penerangan jalan terlebih dahulu akan terealisasi, karena hanya 100 titik kalau rumah warga masih menunggu investor dari Cina,”tutur Amri.

Tidak ada komentar: